Jumat, 09 Desember 2016

Pengalaman OSN (Part 2)

Assalamu’alaykum J
Seperti janjiku sebelumnya, di postingan kali ini aku bakalan membahas tentang rangkaian OSN Ekonomi 2016. Tapi sebelumnya, aku mau membahas beberapa persiapan sebelum ke Palembang dulu ya J. Oke, satu hal yang terpenting adalah siapkan persyaratan administrasi dan kelengkapan lain sesegera mungkin dan jangan disepelekan, apalagi menurutku yang harus dibawa peserta OSN bidang ekonomi lebih banyak dan lebih ribet dari bidang lain. Sebelum OSN peserta OSN ekonomi harus membuat suatu penelitian dengan tema yang ditentukan dan membawa barang dari bahan bekas (barangnya aku nggak buat soalnya perintahnya kan cuma membawa wkwkwk).
Kelengkapan Peserta OSN Semua Bidang
Fyi aku waktu itu beli kebaya buat acara penutupan h-2 berangkat, beli buku-buku yang kurang h-2 sebelum berangkat (padahal akhirnya cuma dibaca sekilas karena waktu sudah tidak memungkinkan), cari surat keterangan sehat dari dokter H-2 berangkat (padahal waktu itu aku darah rendah lho karena kurang tidur), minta ttd kepala sekolah H-1 berangkat, ngeprint laporan penelitian H-1 berangkat, nyiapin barang dari bahan bekas malam H-1 sebelum berangkat (itu aja minta punya budheku soalnya beliau sering bikin kerajinan dompet dari plastik), minta ttd guru pembimbing penelitian malam H-1 sebelum berangkat (sampai harus ke rumah beliau), njilid laporan penelitian pagi hari sebelum berangkat ke bandara. *tindakan-tindakan tersebut sangat tidak baik untuk dicontoh wkwkwk
Kelengkapan Peserta OSN Bidang Ekonomi
          Ya, tentu saja ada alasan kenapa persiapannya jadi semepet itu hehehe. Jadi seingetku waktu itu jarak antara pelatda dan keberangkatan itu mepet sekali. Kalau aku boleh saran, setelah dinyatakan lolos langsung aja nyiapin hal2 yang gampang dulu kayak fotokopi kartu pelajar/KTP, pas foto, surat kesehatan, surat tugas, dan surat pernyataan. Kalau penelitiannya udah setengah jalan walaupun belum selesai langsung aja bikin halaman pengesahan sama lembar orisionalitas dan minta ttd guru pembimbing dan kepala sekolah (walaupun belum selesai laporannya, pasti beliau-beliau juga akan berkenan dimintai ttd hehehe).
           Oke lanjut, btw yang aku rasakan setelah pelatda itu justru, ilmu yang aku dapatkan ternyata belum seberapa. Ilmu ekonomi dan akuntansi ternyata sangat luasssssss sekali. Masya Allah, sampai aku mau OSN pun merasa masih sedikit ilmu yang aku miliki. Ternyata semakin kita mendalami suatu hal/bidang justru kita semakin merasa kita ini bukan siapa-siapa :’) bukan malah merasa sombong. Dan yang aku sadari, ternyata materi OSN kalau di perguruan tinggi hanya sebatas pengantarnya yang diberikat di semester-semester awal kuliah saja, Masya Allah :’)
          Oh iya saran lagi, jangan terlalu memikirkan laporan penelitian. Kenapa? Karena itu sebagai syarat mengikuti OSN, tidak sebagai bahan penilaian. Sebenernya 2 tahun yang lalu ada reward berupa best research dan dapet laptop. Tapi tahun 2016 nggak ada hadiah laptop lagi :(. Makanya buat yang sederhana saja, yang penting memenuhi metode ilmiah (y). Fokus saja belajar materi, soal-soal, dan matangkan persiapan makalah (karena saat OSN ada sesi membuat makalah on the spot).
Nah, sekarang baru deh kita bahas tahapan OSN Ekonomi 2016. Di postingan sebelumnya sudah kutulis kalau tahapannya ada simulasi perdagangan saham, mengerjakan soal (50 soal pilihan ganda dan 5 uraian), membuat dan mempresentasikan makalah, dan game invention.
1.     Simulasi Perdagangan Saham
Tahun 2016, Simulasi Perdagangan Saham dilakukan setelah Pembukaan (Hari Kedua, Tanggal 16 Mei 2016). Kalau tata caranya, biasanya setiap tahun berbeda- beda. Kalau tahun 2016, belinya pakai harga bid dan jualnya pakai harga offer. Dan yang diingat, harga bid selalu lebih tinggi dari offer. Teorinya sih gampang ya, beli waktu murah, jual waktu mahal. Tapi realitanya tidak semudah yang dibayangkan.  Waktu tahapan ini, aku rugi 200 ribu karena salah memilih saham. Bukannya makin mahal, saham yang aku beli malah makin murah L. Tapi tenaaang tahapan ini berpengaruh 5% saja dalam penilaian. Hadapi dengan santai tapi tetap serius J. Aku sarankan coba dulu latihan simulasi perdagangan saham sebelum OSN, kayaknya di webnya Kontan bisa (aku belum pernah coba tapi).
Oh iya, tahun 2016 ini banyak kejadian di OSN yang terkadang bikin emosi. Contohnya saja pas perjalanan dari hotel ke tempat lomba yang ternyata jaaauuuuhhhh banget dan kadang ada yang mabuk di perjalanan L. Kalau jauhnya sih masih bisa ditolerirya, yang lebih parah adalah waktu itu bus yang kutumpangi nyerempet orang tapi tetep melanjutkan perjalanan. Eh, akhirnya busnya dikejar sampai kantor polisi dan penumpang di dalam busnya disuruh nungguin kasusnya selesai sekitar 1 jam -_-. Dan yang lebih parah waktu itu harus menunda shalat dhuhur karena klo nggak bursa efeknya keburu tutup. 
Suasana Simulasi Perdagangan Saham
2.     Mengerjakan Soal (50 soal pilihan ganda dan 5 uraian, ada soal berbahasa Inggris juga)
Mengerjakan soal ini dilakukan di hari ketiga (17 Mei 2016). Di hari ketiga ini, muncul masalah baru lagi. Ternyata puluhan peserta OSN Ekonomi, Fisika, dan Matematika (hotelnya sama) mengalami keracunan. Banyak yang akhirnya mengerjakan soal di rumah sakit maupun di ruang perawatan. Padahal hari itu adalah hari penting bagi anak OSN Ekonomi. Kenapa? Karena sangat mempengaruhi  penilaian. Bayangkan saja soal pilihan ganda berpengaruh 50% dan soal esai 20%. Selain itu, mengerjakan soal dilanjutkan dengan penulisan makalah yang berpengaruh 12%. Tetapi kehendak Allah kita tidak tahu. Ada juga lho yang keracunan tapi tetap membawa pulang medali J
Suasana Saat Pengerjaan Soal
Alhamdulillah, aku sama sekali tidak merasakan gejala keracunan. Mungkin karena sifatku yang cenderung pilih-pilih makanan (karena di OSN ini makanannya kurang sesuai dengan lidahku, aku hanya makan beberapa sendok saja untuk mengisi perut, terkadang malah jajan ke luar wkwkwk) atau karena kebiasaan minum vitamin. Btw, setelah ada kasus keracunan ini aku dan beberapa teman beli air kelapa dalam kemasan lho, siapa tau kita ikut2an mengonsumsi racun tetapi tidak menunjukkan gejalanya. Terus sekarang aku kalo keluar kota juga jadi bawa  air kelapa dalam kemasan, buat jaga-jaga kalo ada kasus keracunan lagi hehehe.
Ngomong2 soal pengerjaannya, awalnya semuanya dilakukan dengan komputer. Kemarin ada soal esai menggambar kurva. Jadi, harus belajar membuat kurva biar lebih lancar (aku belum sempet belajar bikin kurva, padahal sudah disuruh -_-). Masalah yang muncul di tengah pengerjaan adalaaaahhhh aplikasi untuk soal pilihan ganda ternyata error -_-. Akhirnya, diputuskan untuk ganti aja pakai kertas, tapi untuk esai tetap pakai komputer. Alhamdulillahnya ada tambahan waktu jadi waktu itu semua soal aku jawab (meskipun ada yang ngasal juga wkwkwk). Ternyata di OSN nggak cuma butuh pinter aja (karena menurutku, rata-rata peserta dapet materi yang hampir sama dalam persiapan OSN) , tapi mentalnya harus kuat, jangan kagetan, jangan grusa-grusu (apalagi atmosfer perlombaannya sangat terasa, ditambah bunyi cethak-cethok keyboard yang mengintimidasi wkwkwk). 
3.     Membuat dan Mempresentasikan Makalah
Pembuatan makalah dilakukan pada hari ketiga (17 Mei 2016) setelah mengerjakan soal. Tema makalah ada 4 yaitu Bank Indonesia, OJK, Pasar Modal, dan Bank Syariah. Jadi, perlu diingat di OSN juga ada pembuatan makalah on the spot (karena banyak peserta mengira makalah yang dipresentasikan adalah makalah penelitian). Waktu yang disediakan kira-kira 3 jam. Yang harus dibuat adalah makalah dan presentasi berbentuk ppt. Saat mengerjakan makalah, sekali lagi jangan terintimidasi dengan bunyi cethak-cethok keyboard. Pembuatan makalah ini mempengaruhi 12% penilaian.
Sebelum OSN, disarankan sudah memilih tema dan subtema dari tahun-tahun lalu (karena biasanya itu-itu saja). Selain itu siapkan data-data yang mendukung (lebih baik diprint). Kalau bisa, cobalah buat keseluruhan makalah untuk latihan sambil estimasi waktu (makalahnya jangan dibawa juga tapi pas sesi pembuatan makalah wkwkwk). Kalau aku sih kemarin data-datanya tak kumpulkan, terus aku upload di blog jadi pas OSN data tinggal copas dari blog (ingat ya, datanya aja jangan keseluruhan makalah hehehe). Peraturannya tiap tahun juga bisa beda, untungnya tahun 2016 boleh buka internet. Oh iya kapan-kapan aku kasih contoh makalah dan pptnya yaaa (file pas latihan sebelum OSN).
Presentasi Makalah
Untuk presentasi makalah, dilakukan hari keempat (18 Mei 2016). Fyi, file yang dikumpulkan tidak bisa diminta jadi selalu ingat apa yang pernah ditulis di makalah dan ppt. Waktu presentasi menyesuaikan situasi dan kondisi. Jadi, harus selalu siap dengan kondisi apapun. Selain presentasi, ada juga sesi tanya jawab juri. Presentasi ini mempengaruhi penilaian 8%.
4.     Game Invention
Sesi ini dilakukan di hari keempat (18 Mei 2016) setelah presentasi makalah. Sesi ini mempengaruhi 5% dari penilaian dan anggap saja untuk seru-seruan (tapi tetep serius lhoo). Diawali dengan membagi kelompok. Caranya cukup unik yaitu dengan ditutup matanya, kemudian diberi kertas yang berisi nama kelompok dan harus berteriak suara dari nama kelompok tersebut (untuk yang hijab dan tidak biasa bersentuhan dengan lawan jenis, lebih baik memakai sarung tangan wkwkwk). Aku dapet kelompok ombak pantai dan aku teriak “wuuss wuusss”. Tapi ternyata nama kelompok lain ada yang hujan deras, angin ribut, dan air terjun yang suaranya juga mirip -_-.
Pembagian Kelompok

Game Membawa Air dalam Gelas

Pembuatan Barang Inovasi

Barang – Barang Inovasi
Singkat cerita, kita diminta bermain game dengan membawa gelas berisi air dengan kain, kemudian membuat suatu barang dari bahan yang disediakan seperti balon, jarum pentul, gabus, dll (barang yang dibuat biasanya barang-barang imajinasi hehehe). Setelah itu baru barang tersebut dipresentasikan dan masing-masing peserta diberi uang untuk membeli barang yang menurutnya menarik. Dan asyiknya, uang hasil penjualan boleh dibawa pulang (uang beneran lhooo).
Sekian cerita kali ini, ada tambahan :
Technical Meeting Hari Pertama

Pembukaan OSN 2016

Jembatan Ampera

Langit Saat Perjalanan ke Palembang




16 komentar:

  1. kakak saya anak olimpiade ekonomi dan insya allah akan ikut osk boleh saya minta soal soal kakak untuk menamabah referensi soal saya kak

    thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya cuma punya soal2 yang sudah diupload di blog ini aja, sebenernya ada lagi sih tapi bentuknya hardfile jadi harus discan dulu. menurutku belajar dari situ saja kalo untuk OSK dah cukup, perdalam materi aja :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. edit : Luar biasa termotivasi saya kak :')

      Hapus
    2. Alhamdulillah, Semangat yaaaa ^^

      Hapus
    3. iya kak, makasih.
      btw kenal kak Indah dari Kaltim ya kak, itu kakak kelas saya loh. Semoga saya bisa nerusin ke nasional juga ya amin...

      Hapus
  3. apa ada aturan penulisan makalahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya tidak ada aturan khusus dari panitia OSN, seperti makalah pada umumnya kok ^^

      Hapus
    2. makalahnya kualitatif atau kuantitatif

      Hapus
    3. H-7 menuju riau, baru mau buat makalah ni...

      Hapus
  4. OSN ekonomi 2016 yaa, di Palembang. Sy Riswan salah satu peserta dari sumsel

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum kak...
    Kak saya rencananya mau coba ikut osk 2020 ekonomi
    Gimana persiapan yang efektif dan efisien kak, agar hasilnya optimal?

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum kak
    Boleh liat contoh makalahnya gak?
    Sama sekali belum paham dgn makalah yg harus dibuat nnti

    Wassalamualaiku.

    BalasHapus
  7. tolong tipsnya biar ga gugup pas presentasi itu gimana kakk

    BalasHapus